Tuesday, August 9, 2011

JUAL BELI JADI HARAM..JIKA BARANG ITU DIHUKUM HARAM DALAM ISLAM....BANYAK YANG TERLEPAS PANDANG....

Cemburu jadi motif bunuh



AMPANG: Motif cemburu dikenal pasti menyebabkan seorang wanita warga Indonesia dan anaknya yang berusia enam tahun dibunuh kejam sebelum mayat mereka dikerat lebih 15 bahagian.
Mayat dua beranak itu dibungkus dalam tiga plastik sebelum dibuang di sebuah pangsapuri terbiar di tingkat lima Blok Chryssa, Apartmen Astaria, di sini, pada 3 Ogos lalu.

Polis mengesahkan wanita berkenaan juga mengandung berdasarkan bedah siasat dijalankan.
Setakat ini, polis menahan sembilan lelaki termasuk suami mangsa yang berusia 29 tahun bagi membantu siasatan di Bandar Baru Ampang, di sini, dua hari lalu.

Lapan lagi lelaki yang bekerja sebagai tukang cuci adalah warga Bangladesh. Seorang daripada lelaki dipercayai kekasih ‘gelap’ wanita berkenaan.

Siasatan awal, suami mangsa yang berasal dari Sabah tidak pernah membuat laporan polis berhubung kehilangan isteri dan anaknya itu.

Sementara itu, Ketua Polis Selangor, Datuk Tun Hisan Tun Hamzah mengesahkan motif cemburu menjadi punca pembunuhan kejam itu.

Bagaimanapun, siasatan lanjut masih dijalankan.
Sebelum ini, Harian Metro melaporkan misteri bau busuk di sebuah pangsapuri terbongkar apabila pihak pengurusan menemui kaki kiri manusia yang sudah berulat dan beberapa organ manusia dalam tandas di tingkat lima bangunan itu. Difahamkan, beberapa anggota badan manusia turut ditemui dalam tiga bungkusan plastik di atas siling tandas dan beberapa tempat dalam rumah berkenaan.

Dipercayai mangsa dibunuh tidak lebih dari seminggu lalu sebelum anggota badannya dikerat melebihi 15 bahagian.

Pencuri telefon dicekup polis


TUN HISAN (tengah) menunjukkan sebahagian komponen telefon awam yang dirampas daripada lima lelaki pada sidang akhbar di Shah Alam semalam.


SHAH ALAM – Kelakuan jahat lima lelaki yang menyamar sebagai kontraktor untuk mencuri dan mengangkat telefon awam sejak tiga bulan lalu bagi mendapatkan duit syiling terbongkar apabila kesemuanya ditahan dalam serbuan baru-baru ini.
Suspek-suspek berusia di antara 20 dan 40 tahun tersebut ditahan di sebuah kedai menjual barangan lusuh di Bandar Baru Bukit Beruntung, Hulu Selangor pada 26 Julai lalu ketika hendak menjual barangan tersebut buat kali ke-17 pada pukul 6.05 petang.
Dalam serbuan itu, polis merampas 112 tutup telefon awam bahagian depan, 50 gagang, sebuah lori dan sebuah kereta Proton Wira dengan nilai keseluruhan dianggarkan RM960,000.
Selain itu, polis turut merampas topi kontraktor, baju keselamatan, beberapa peralatan untuk melonggarkan skru dan tukul besi. Difahamkan, suspek turut menggunakan dokumen palsu untuk melakukan kegiatan tersebut.
Ketua Polis Selangor, Datuk Tun Hisan Tun Hamzah berkata, siasatan mendapati, suspek akan meleraikan telefon yang dicuri untuk dijual di kedai besi buruk. Duit syilingnya turut diambil.

Perunding kejuruteraan didenda jual mercun

KANGAR – Seorang perunding kejuruteraan yang ingin mendapat duit lebih sempena hari raya dengan menjual pelbagai jenis mercun di rumahnya di sini akhirnya menyebabkan dia didenda RM6,500.
Khalimudin Che Din, 52, mengaku bersalah di Mahkamah Majistret di sini semalam kerana memiliki sejumlah 21 jenis mercun dan bunga api yang disimpan dan dipamerkan di rumahnya.
Kegiatan Khalimudin itu terbongkar selepas sepasukan polis membuat serbuan di rumahnya di Taman Kemajuan di sini kira-kira pukul 5.15 petang pada 4 Ogos lalu.
Barangan larangan itu dijumpai di atas kabinet dapur dan dalam almari baju dirumah Khalimudin.


Bahaya minum teh – Teh panas dan Dingin (es teh) Picu Kkanker Tenggorokan

Bahaya minum teh panas dingin
Seperti yang telah kita ketahui teh merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia, hampir di seluruh wilayah Indonesia kisa bisa mendapatkan teh dengan mudah, baik yang sudah berupa minuman jadi atau yang masih dalam kemasan. Dengan harga yang bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat dan cara penyajian yang sangat mudah maka tidak salah jika teh menjadi minuman yang digemari banyak orang.
Jika suhu udara sedang panas panasnya seperti musim kemarau di siang hari teh akan terasa nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin dengan dicampuri dengan Es batu dan sebaliknya jika suhu udara terasa dingin teh akan terasa nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat, bahkan ada juga yang suka meminum teh dalam keadaan yang lebih dari hangat atau panas. Nah bagi kamu yang suka meminum teh dalam keadaan panas sepertinya harus menghilangkan kebiasaan itu, karena menurut hasil riset terbaru oleh peneliti Iran menyebutkan bahwa meminum teh dalam keadaan panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan.
Pada penelitian terdahulu, dalam British Medical Journal dikemukakan minuman panas berpotensi menimbulkan tumor. Meminum teh panas dengan temperatur di atas 70 derajat celcius sama dengan meningkatkan resiko kanker tenggorokan delapan kali lipat lebih besar jika dibandingkan Anda meminumnya dalam keadaan hangat, yaitu di bawah 65 derajat, demikian penjelasan peneliti seperti yang dilansir Reuters.
Bersama timnya, Reza Malekzadeh dari Tehran University meneliti kebiasaan minum 300 orang yang didiagnosa mengidap kanker tenggorokan, sementara 571 orang lainnya dalam keadaan sehat. Mereka semua berasal dari daerah yang sama, di provinsi Golestan, di Iran Utara.
Malekzadeh menjadikan daerah ini sebagai sampel penelitian karena Golestan merupakan salah satu daerah dengan tingkat kanker tenggorokan tertinggi di dunia. Namun sebaliknya tingkat kebiasaan merokok dan minum alkohol di daerah ini sangat rendah. Yang perlu diketahui, hampir semua penduduknya meminum teh hitam secara rutin, sebanyak satu liter setiap harinya.
Hasilnya, orang yang rutin meminum teh kurang dari dua menit setelah dituangkan, beresiko memicu berkembangnya kanker lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang menunggu empat menit atau lebih. Tidak ada keterangan pasti seberapa panas suhu teh yang menyebabkan kanker, namun peneliti menyimpulkan luka akibat panas dari teh akan menyebabkan iritasi tenggorokan.
Dibandingkan dengan meminum teh hangat atau suam kuku pada temperatur 65 derajat Celsius atau kurang, meminum teh panas, antara 65 dan 68 derajat Celsius, berkaitan dengan dua kali resiko kanker tenggorokan, dan meminum teh yang sangat panas pada 70 derajat Celsius atau lebih berkaitan dengan peningkatan delapan kali lipat.
Bahaya minum teh panas
Dampak kanker tenggorokan cukup mengerikan. Tercatat setiap tahunnya lebih dari 500.000 orang di dunia meninggal akibat penyakit ini. Penyakit ini tumbuh subur terutama di daerah Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Kanker ini termasuk mematikan, dengan rata-rata kesembuhan sekira 12 hingga 31 persen, itu pun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekira 5 tahun.
“Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kuat resiko OSCC yang berhubungan dengan meminum teh panas atau sangat panas,”. Mereka menyarankan orang mesti menunggu beberapa menit sebelum meminum satu gelas teh yang baru diseduh dengan air mendidih.
Laporan itu juga memberi dukungan kepada pendapat bahwa cedera karena tersengat hawa panas mungkin menjadi penyebab kanker “epithelium”, kendati cara panas meningkatkan perkembangan tumor belum diketahui.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi minuman dalam keaadaan panas berbahaya bagi kesehatan Anda. Apalagi ditambah dengan makanan yang panas pula, seperti bakso dll. Lebih baik teh atau minuman lain diminum dalam keadaan hangat.
Selain tidak baik diminum dalam keadaan panas, dalam penelitian lain menunjukkan bahwa teh juga tidak baik diminum dalam keadaan dingin atau yang berupa es teh, minum es teh berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.
Seperti dikutip dari laman Times of India, es teh mengandung konsentrasi oksalat tinggi , salah satu bahan kimia kunci yang memicu pembentukan batu ginjal. “Bagi mereka yang memiliki kecenderungan sakit batu ginjal, es teh jelas menjadi minuman terburuk,” kata Dr John Milner, asisten profesor Departemen Urologi, yang tergabung dalam penelitian.
Milner mengatakan, teh panas sebenarnya juga menyimpan efek buruk yang sama. Hanya, takaran penyajian teh panas biasanya lebih kecil. Logikanya, orang meminum teh panas tak akan sebanyak minum es teh. Jarang orang yang mengonsumsi teh panas saat haus. Berbeda dengan es teh, di mana banyak orang sanggup meminumnya lebih dari segelas saat haus dan udara panas.
Pria, wanita posmenopause dengan tingkat estrogen rendah, dan wanita yang pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur paling rentan terpapar dampak buruk es teh. Oleh karenanya, Milner menyarankan, mengganti konsumsi minuman itu dengan air putih, atau mencampurnya dengan lemon. “Lemon kaya kandungan citrates, yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal,” kata Milner.
Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih.
Peneliti juga mengungkap sejumlah makanan lain yang berpotensi menyimpan efek buruk. Mereka menyebut antara lain: bayam, cokelat, kacang-kacangan, garam, dan daging. Sebaiknya, konsumsi es teh dan makanan-makanan itu secara moderat demi kesehatan ginjal. Padukan pula dengan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat. Dan, tentu saja perbanyak minum air putih.
Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kita, memang sih penyakit itu tidak akan hadir di tubuh manusia tanpa izin dari Tuhan, tapi sebagai manusia kita wajib berdoa dan berusaha agar terhindar dari penyakit.
referensi : voa-islam.com

Bahaya Rokok bagi kesehatan kita?

Tentang bahaya rokok pada umumnya saya rasa sudah banyak yang tahu, apalagi bagi orang yang tiap hari menghisap rokok, soalnya kan dalam setiap bungkus rokok terdapat tulisan tentang bahaya rokok, seperti ini. MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANGKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN,

bahaya rokok terhadap kesehatan kita
bahaya rokok
Tapi anehnya meski pada bungkus atau kemasan rokok sudah tercantum tulisan tentang bahaya rokok yang sangat menakutkan, tetap saja banyak yang merokok.
Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita, diantaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi pesalah yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok
 bahaya rokok
bahaya rokok
Berikut ini adalah bahaya rokok terhadap kesehatan kita
rokok dapat menyebabkan Kanker pundi kencing,
Kanker perut,
Kanker usus dan rahim ,
Kanker mulut ,
Kanker Esofagus,
Kanker tekak,
Kanker pankrias,
Kanker payudara,
Kanker paru-paru,
Penyakit saluran pernafasan kronik
Strok,
pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis
Penyakit jantung,
Kemandulan,
Putus haid awal,
Melahirkan bayi yang cacat
Keguguran bayi,
Bronkitis,
Batuk,
Penyakit ulser peptik,
Emfisima,
Otot lemah,
Penyakit gusi,
Kerusakan mata
Yang tersebut diatas adalah bahaya rokok bagi perokok aktif, apa itu perokok aktif ? perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya rokok, sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap rokok, tetapi menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok.
bahaya rokok
struktur kandungan bahaya rokok
Di bawah ini merupakan bahaya asap rokok bagi perokok pasif.
Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung
Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis
Sakit atau pedih mata
Bersin dan batuk-batuk
Sakit kerongkong
Sakit kepala
zat Yang terkandung dalam asap rokok adalah :
2 kali lebih banyak nikotin
5 kali lebih banyak karbon monoksida
3 kali lebih banyak tar
50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan
Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya
Keguguran janin
Tumbesaran janin terencat – 30% lebih tinggi
Kematian janin dalam kandungan
Pendarahan dari uri (abruption placenta)
Berat badan berkurang – 20 hingga 30%
Bahaya asap rokok terhadap bayi
Masalah dan penyakit pernafasan
Mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan
Jangkitan telinga
Leukeamia
Kanker otak 22%
Cepat lelah
Sindrom kematian secara mendadak
baca juga artikel mengenai sejarah rokok

Manfaat Pisang bagi Penderita Hipertensi, Serangan Jantung dan Stroke

Pada penderita hipertensi, tekanan aliran darah yang meninggi akan menaikkan pergeserannya dengan dinding pembuluh darah. Jika kenaikannya mendadak bisa menyebabkan dinding pembuluh darah pecah. Jika pembuluh otak yang pecah akan menyebabkan stroke. Hasil analisis terhadapn 33 kasus yang dilakukan para peneliti dari John Hopkins Medical Instituion di Baltimore menunjukkan orang yan diberi suplemen kalium (paling sedikit 2,5 gram atau sebanding dengan 6 buah pisang) selama beberapa hari mengalami penurunan tekanan sistolik lebih dari 3 poin dan diastolik mendekati 2 poin.
Manfaat pisang bagi penderita hipertensi, serangan jantung dan stroke
Penelitian lain menunjukkan tiga percobaan yang menggunakan hewan percobaan mengungkap adanya indikasi stroke yang berakibat kematian berkaitan dengan rendahnya asupan kalium. Semakin tinggi kadar kalium yang dikonsumsi, semakin rendah resiko terkena serangan jantung dan stroke. Mengingat pisang kaya akan kalium maka penderita hipertensi dan jantung sangat dianjutkan untuk mengkonsumsi pisang minimum satu buah per hari.

Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis bisa berakibat fatal jika tidak diantisipasi. untuk menghindarinya, kita perlu mengkonsumsi makan berkalsium tinggi (pisang mengandung kalsium 6 mg per 100 gram pisang). Jika kalsium kurang kurang proses penyerapan yang dilakukan tubuh kurang maksimal. Tubuh biasanya hanya mampu menyerap setengah dari kalsium yang dikonsumsi. Agar kemampuan itu bisa ditingkatkan, orang perlu mengkonsumsi makanan kaya oligofruktosa. Jenis erat ini diantaranya banyak terdapat dalam pisang
Menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah
Selain dapat menambah asupan gizi, pisang juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah. Jika anda tertarik dan ingin mencobanya, sebaiknya memilih pisang yang benar-benar matang, tetapi jangan terlalu matang (berwarna kecokelatan). Pisang dapat digunakan sebagai masker untuk mengencangkan kulit wajah. Caranya, satu buah pisang dicampur dengan sebutir kuning telur dan dua sendok teh minyak zaitun. Selanjutnya, dihaluskan dan diaduk rata hingga membentuk pasta. Lulurkan pasta pisang ini ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air.
Pisang juga dapat digunakan sebagai penyegar kulit. Caranya, satu buah pisang dicampurdengan setengah cangkir yoghur tawar dan satu sendok makan madu. Semua bahan ini dilumatkan dan diaduk rata. Masker ini dioleskan ke seluruh wajah dan leher, lalu didiamkan selama 10 menit. Selanjutnya, wajah dan leher dibilas dengan air dingin hingga bersih. Jika biasa menggunakan sabun wajah khusus, sebaiknya digunakan seetelah 10 menit wajah dibersihkan dengan air.
Selain cara di atas, menyegarkan kulit dapat dilakukan dengan mengoleskan bubur
Pisang ambon lumut yang telah dicampur dengan sedikit susu dan madu ke bagian wajah. Cara ini dilakukan setiap hari secara teratur selama 30 – 40 menit. Setelah itu, kulit wajah dibasuh dengan air hangat, lalu dibilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari. pisang dapat mendinginkan kulit kering. Caranya dengan melumatkan suatu buah pisang, kemudian dioleskan ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, kulit wajah dibersihkan dengan air dingin.
Pisang juga dapat digunakan sebagai penghalus kulit. Caranya dengan menghancurkan dua buah pisang yang dicampur dengan tiga sendok makan gula pasir dan satu sendok makan baby oil. Ramuan ini digunakan sebagai scrub cream yang dilulurkan ke seluruh bagian tubuh.
Pisang dapat berfungsi sebagai vitamin untuk rambut yang kering. Ramuannya bisa dibuat dengan cara mencampurkan satu buah pisang yang telah dilumatkan denan 3 tetes minyak almond. Ramuan ini dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, dikeramas seperti biasa menggunakan sampo fan condisioner.

Mengatur Berat Badan
Pisang berkhasita menurunkan berat badan. Terbukti seorang kehilangan berat badan dengan berdiet empat buah pisang dan empat gelas susu tanpa lemak per hati. Cara diet ini dilakukan minimum tiga hari dalam seminggu, sehingga yang dikonsumsi hanya 1.250 kalori. DIet ini tidak terlalu menyiksa dan menu tersebut cukup menyehatkan. Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Di sisi lain, mengkonsumsi satu gelas banana milk-shake yang dicampur dengan madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan akan menaikkan berat badan jika dikonsumsi secara teratur dalam waktu yang cukup lama.
Menenangkan emosi pada penderita stres
Stres erat kaitannya dengan kondisi emosis yang dipengaruhi neutrotansmiter otak. Meski faktor penyebab sebenarnya sangat kompleks. Karena itu, diperluka cara penangannan yang lebih baik. Salah satunya adalah melalui pengendalian asupan makanan. serotonin yang terdapat dalam pisang merupakan unsur yang berpengaruh terhadap neurotrasmiter
Pisang dapat memberikan efek penenang. Di dalamnya, terkandung serotonin yang bila kadarnya meningkat di dalam otak akan memberikan efek penenang sehingga dapat digunakan untuk menangkal stres. Karena teskturnya lunak, mudah dicerna dan memiliki kemampuan menetralkan asam (antacid), pisang juga sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan lambung, seperti penyakit maag.
Meredakan nyeri
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium dan vitamin B6, khususnya pisang segar (bukan pisang rebus atau pisang goreng) dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu, dan sakit di bagian persendian. Pada saat bersamaan, kita pun sebaiknya lebih banyak makan buah yang kaya vitamin C, seperti jambu biji, pepaya, belimbing dan jeruk
dikutip dari buku membuat aneka olahan pisang oleh Eddy Setyo Mudjajanto, Lilik Kustiyah
Meningkatkan Libido
Keharmonisan suami istri tidak bisa dipisahkan dari kepuasan yang dicapai ketika berhubungan. Untuk menjaga agar staminan tetap prima dan libido tetap tinggi, kadang-kadang orang suka menyiapkan minuman anggur, musik yang lembut atau candle light. Selain itu, tidak ada salahnya jika kita juga menyiapkan pisang. Menurut para ahli, pisang diyakini sebagai salah satu makanan yang dapat menjaga libido tetap tinggi.
Pisang mengandung kombinasi dari kalium, vitamin B, vitamin C, dan asam folat yang bisa menjadikan pisang sebagai viagra alami. selain pisang, ada bahan yang memiliki efek serupa yaitu mentimun, wortel dan asparagus.
Manfaat lain dari pisang
1. Pisang bermanfaat untuk membantu diet karena mengandung banyak serat.
2. Kulit pisang dapat digunakan sebagai krim anti-nyamuk.
3. Pisang dapat membantu para perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin dan stres
4. Pisang dapat mengontrol temperatur badan, terutama pada ibu hamil.
5. Pisang dapat menetralkan keasaman lambung
6. Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba pisang sebagai antigen untuk coating virus Hepatitis B. Jika pembuatan vaksin hepatitis B ini berhasil, maka vaksin hepatitis akan sangat murah.
7. Peneliti sedang berusaha mengembangkan pisang yang dapat membantu melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, polio dan dipteri
Pisang bukan makanan untuk bayi yang baru lahir (neonatus)
Pisang mengandung tiramin (suatu senyawa yan secara farmakologi mirip norepinafrin) yang berefek spasmolitik sehingga bisa melemahkan peristaltik usus. Akibatnya, pemberian pisang pada bayi yang berumur kurang dari satu tahun bisa menyebabkan terjainya penyumbatan saluran cerna (ileus). Di banyak daerah kebiasan memberi pasang pada bayi sebaiknya dihentikan agar ganguan pada pencernaan dapat dicegah.

Rusuhan merebak di tiga bandar Britain


SEORANG anggota bomba memadamkan kebakaran di sebuah kedai perabut di Croydon, selatan London semalam.


LONDON, Britain - Keganasan merebak ke seluruh bandar raya ini dan sekurang-kurangnya tiga bandar lain semalam ketika polis bertempur dengan ribuan perusuh dan perompak yang memaksa Perdana Menteri David Cameron pulang ke Britain untuk berdepan dengan krisis itu.
Cameron menamatkan percutiannya di Itali dan kembali ke Britain untuk mempengerusikan mesyuarat semalam dengan Jawatankuasa Kecemasan Kerajaan mengenai rusuhan itu.
Banyak bangunan dibakar di Croydon, Peckham dan Lewisham, selatan bandar ini dengan kumpulan penjarah meronda jalan-jalan raya di Hackney di timur, Clapham di selatan, Camden di utara dan Ealing di barat.
Selain bandar raya ini, rusuhan turut berlaku di bandar raya Liverpool, Birmingham dan Bristol.
Polis Scotland Yard memberitahu, ia telah mengerahkan 1,700 anggota tambahan untuk menangani kekacauan di sini iaitu yang terburuk sejak beberapa tahun lalu. Polis turut menggunakan sejumlah kereta berperisai untuk menyuraikan perusuh.
Beratus-ratus anggota polis pencegah rusuhan memasuki Hackney untuk cuba mengawal keganasan di daerah berkenaan yang terletak cuma beberapa kilometer dari lokasi temasya Sukan Olimpik 2012 yang bakal berlangsung.
Menjelang malam, pasukan polis membawa baton memaksa kumpulan belia berundur manakala penduduk tempatan yang berharap untuk pulang ke kediaman mereka tersekat di belakang kepungan polis.
Di Croydon, sejumlah bangunan di seluruh blok terbakar termasuk sebuah premis perniagaan berusia 100 tahun yang menjual perabut dengan api terus marak.
Penduduk setempat dipindahkan kerana api yang merebak manakala akhbar Guardian memetik seorang anggota polis yang berada di lokasi kejadian sebagai berkata: "Kami tidak boleh bertahan, ia semakin teruk."
Keganasan bermula pada Sabtu lepas di kawasan penempatan berbilang etnik di Tottenham, utara bandar raya ini selepas seorang lelaki kulit hitam berusia 29 tahun di tembak mati oleh polis dua hari sebelum itu.
Menurut Setiausaha Dalam Negeri, Theresa May, situasi yang berlaku di negara itu tidak pernah dilihat sejak lima tahun lalu.
"Kami perlu menamatkan dan kami perlu mengakhirinya dengan segera," katanya kepada stesen televisyen Sky News.
Menurutnya, lebih 450 orang ditangkap di London sejak rusuhan berlaku selama tiga hari berturut-turut.
Scotland Yard menyatakan, bilik-bilik penjara sudah penuh dengan para banduan di London dengan para tahanan dipindahkan ke balai polis lain.
Kira-kira 6,000 anggota polis ditempatkan di London kelmarin tetapi mereka masih gagal untuk mengekang keganasan. - Agensi

No comments:

Post a Comment